Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Jendela Rumah yang Besar

Di era ini, keberadaan jendela rumah tidak hanya mementingkan aspek fungsional semata, melainkan juga aspek estetis dan bahkan prestise. Jendela tidak hanya digunakan sebagai elemen pencahayaan dan sirkulasi udara, tetapi juga sebagai elemen pendukung interior ruangan serta sebagai penanda status sebuah rumah.
Karenanya, dalam proses pembuatan jendela ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Di antaranya seperti ukuran, keamanan, kenyamanan, perawatan, hingga biaya atau aspek ekonomi.
Tren kekinian menunjukkan bahwa model jendela yang tengah diminati masyarakat adalah jendela kaca dengan ukuran besar. Biasanya, jendela ini memiliki tinggi yang hampir sama dengan tinggi ambang atas pintu, yakni antara 210-220 cm dari muka lantai. Dari segi penempatan atau tata letak, umumnya jendela ini digunakan untuk jendela antar ruang, seperti ruang keluarga, ruang tengah, atau ruang belakang.
Jendela ini dianggap mampu menjadi perantara sekaligus pemanis desain interior dan eksterior sebuah rumah/ruang. Namun tentunya, jenis jendela ini pun memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Apa saja? Berikut penjelasannya untuk Anda.
Kelebihan Jendela Rumah yang Besar
pinterest
Tak bisa dimungkiri bahwa jendela kaca yang besar—bahkan bisa menggantikan dinding—adalah tren terbaru dalam dunia arsitektur bangunan. Karenanya, sering kali jenis jendela ini digunakan sebagai peranti gaya untuk mengukur prestise sebuah rumah. Rumah orang-orang yang memiliki jendela jenis ini akan tampak lebih modern dibandingkan dengan rumah yang hanya menggunakan ukuran jendela biasa.
Lebih dari itu, manfaat utama yang bisa Anda peroleh dari jendela rumah model ini adalah adanya pencahayaan dan sirkulasi udara yang maksimal. Pergerakan udara pada rumah dengan jendela besar diyakini jauh lebih baik dibandingkan dengan jendela berukuran kecil atau sedang. Hingga kemudian, kualitas udara pada rumah ini pun akan semakin bersih dan baik.
Selain itu, jendela besar ini juga mampu menghadirkan konsep lingkungan yang sesungguhnya. Dengan adanya jendela kaca berukuran besar, Anda bisa menikmati panorama alam yang Anda buat di sekitar rumah, seperti taman atau halaman belakang. Dijamin, suasana rumah Anda juga akan lebih nyaman karena lingkungan yang asri juga bisa Anda nikmati dari dalam rumah.
Jendela kaca berukuran besar ini juga akan memberi efek ruang tampak lebih luas, sehingga sangat cocok untuk dijadikan partisi antar ruang.

Kekurangan Jendela Kaca Besar
archii.com
Terlepas dari semua kelebihan yang ditawarkan, jendela rumah model ini juga memiliki beberapa kekurangan. Di antaranya seperti pembiayaan yang jauh lebih besar, baik itu untuk biaya pengadaan maupun perawatan.
Untuk pengadaan, tentu Anda membutuhkan elemen kaca yang lebih tebal serta lebih luas dibandingkan dengan jenis jendela kaca ukuran normal. Kaca ini pun harus dibingkai dengan bahan yang berkualitas, agar sisi fungsional dan estetisnya bisa maksimal.
Nyatanya, ukuran jendela yang ekstra lebar dan tinggi juga akan berpengaruh terhadap perawatan. Anda dituntut untuk mampu membersihkan setiap sudut jendela dengan baik dan hati-hati agar kaca tidak tergores atau sejenisnya.
Selain itu, mengingat bahan utamanya yang terbuat dari kaca, jendela besar ini juga berpotensi untuk mendatangkan hawa panas lebih besar dibandingkan dengan jendela biasa. Meski hawa panas tersebut masih bisa diatasi dengan adanya pendingin ruangan, namun tentunya Anda juga harus menyiapkan biaya yang ekstra untuk biaya listrik.
Bagaimana? Tertarik untuk memiliki jendela rumah model ini? 
thumbnail
Judul: Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Jendela Rumah yang Besar
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Tips :

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Vertical Design ID