Tips Mendesain Jendela Minimalis agar Rumah Tampak Elegan

Salah satu elemen arsitektur yang wajib ada dalam setiap rumah adalah jendela. Nyatanya, jendela tidak hanya berfungsi sebagai elemen pencahayaan dan ventilasi udara, melainkan juga sangat berpengaruh terhadap desain interior sebuah ruang atau rumah.
Model jendela haruslah diperhatikan agar tidak terjadi ketidaksinkronan dengan desain tata ruang yang digunakan. Sebaliknya, desain atau model jendela minimalis juga harus dikolaborasikan dengan elemen interior lainnya, demi terciptanya nilai fungsi dan estetis dari jendela itu sendiri.
Nah, bagi Anda yang saat ini tengah membangun atau merenovasi rumah, berikut beberapa tips yang penting diperhatikan agar jendela bisa membuat rumah semakin cantik dan elegan.
Sesuaikan Jendela dengan Gaya Arsitektur Rumah

teamne.net
Setiap rumah tentu memiliki gaya arsitekturnya sendiri. Ada yang bergaya klasik, modern, mewah, dan minimalis. Gaya arsitektur ini pulalah yang nantinya harus menjadi acuan ketika Anda akan menentukan elemen, warna, furnitur, dan bahkan dekorasi tambahan. Termasuk juga untuk menentukan desain jendela.
Usahakan, jendela yang Anda desain mampu merefleksikan gaya arsitektur rumah tersebut. Misalnya, jika rumah Anda bergaya klasik, maka pilihlah jendela dengan desain klasik yang anggun dan dengan ornamen-ornamen yang unik. Atau, jika rumah bergaya minimalis, maka pilihlah desain jendela kaca yang tinggi atau lebar, namun minim ornamen.
Sesuaikan dengan Fungsi Jendela

pin-insta.decor.com

Fungsi utama jendela memang untuk membantu pencahayaan dan ventilasi, namun bisa juga digunakan sebagai elemen pendukung interior ruangan. Nah, sebelum menentukan
model jendela minimalis seperti apa yang akan Anda buat, alangkah baiknya jika Anda juga mempertimbangkan fungsi-fungsi tersebut.
Bagi Anda yg ingin pencahayaan dan ventilasi ala kadarnya, jendela bisa dibentuk dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Sebaliknya, jika Anda menginginkan pencahayaan dan ventilasi yang cukup atau bahkan lebih, jendela bisa dibuat dengan ukuran sedang atau bahkan besar. Apalagi jika Anda memiliki taman atau halaman belakang.
Begitupun halnya jika Anda ingin menampilkan kesan estetis dari sebuah jendela. Hal tersebut penting untuk dipertimbangkan, agar Anda bisa menentukan ukuran, bahan, bahkan model dari jendela tersebut.
Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Selera Anda

houzz.com
Sebagai pemilik rumah, Anda pun berhak menentukan jenis jendela seperti apa yang Anda inginkan. Apakah jenis jendela sash klasik yang bisa digerakkan ke atas/bawah atau digeser secara horizontal dari kiri ke kanan. Atau, bisa juga menggunakan jenis jendela awning dengan engsel yang berada di atas atau di bawah. Jendela jenis hopper pun bisa Anda gunakan untuk jendela-jendela kecil, seperti di atas pintu dan lain sebagainya.
Pemilihan Bingkai dan Warna

jeld-wen
Selain desain atau model jendela minimalis, hal lain yang juga harus dipertimbangkan adalah pemilihan bahan bingkai dan warna. Untuk bahan, Anda bisa memilih bahan kayu atau besi. Sedangkan untuk warna, pilihlah warna yang serasi dengan warna interior rumah Anda.
Jendela Bertirai atau Tanpa Tirai

gvaasports.org
Hal terakhir yang harus Anda pikirkan ketika mendesain jendela rumah adalah apakah nantinya jendela tersebut akan menggunakan tirai atau tidak. Kalaupun iya, Anda pun harus memikirkan model tirai yang cocok dengan jendela tersebut.
Itulah beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan ketika mendesain jendela rumah. Semoga bermanfaat.
thumbnail
Judul: Tips Mendesain Jendela Minimalis agar Rumah Tampak Elegan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Tips :

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Vertical Design ID